2019-08-08

Bima Uri 10 Menghiasi Pertanaman Keang

BPTP SULAWESI BARAT
...

Bang Sulbar lanjut berikan info bahwa Peningkatan produksi jagung melalui program Upaya Khusus (UPSUS) di Sulbar menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan. Salah satu sentra Pengembangan tanaman jagung yang di wilayah Provinsi Sulbar adalah Kabupaten Mamuju.

Desa Keang Kecamatan Kalukku merupakan kunjungan lanjutan Kepala Pusat Penelitian Tanaman Pangan setelah melakukan panen di kelurahan Sinyonyoi Selatan. Kunjungan tersebut dilakukan bersama Kepala BPTP Balitbangtan Sulbar dan Koordinator BPP Kec. Kalukku. Sepanjang jalan menuju Desa Keang akan terlihat hamparan jagung. Luas hamparan jagung di Desa Keang berkisar 3000 ha. Varietas yang banyak dikembangkan adalah varietas Bima 10 Uri dengan produktivitas 5,5-6 ton/ha. Harga jual saat ini ditingkat petani adalah Rp. 3.200/kg.

Pada umumnya lahan jagung yang tersebar di Desa keang merupakan lahan miring (kemiringan 30%). Sistim pengolahan yg dilakukan petani setempat masih konvensional. Penanaman masih dilakukan dengan mengikuti kontur lahan yang lambat laun akan menyebabkan erosi dan longsor.

Sehingga pada kunjungan tersebut Dr.Ir. Haris Syahbuddin, DEA selaku PJ UPSUS di Sulbar menyarankan untuk memberikan penyuluhan dan pemahaman sesering mungkin kepada petani tentang cara bercocok tanam yang benar dilahan miring dengan memberikan simulasi penanaman dan dampak yang akan ditimbulkan.

Sub Sektor : Jagung
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : BIMA URI 10
http://sulbar.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/657-bima-uri-10-menghiasi-pertanaman-keang